Facebook, Friendster, or Yahoo..!!

Facebook bagi sebagian besar orang telah menjadi bagian dari kehidupannya. Namun, saya termasuk “pencilan” himpunan orang yang demam facebook tersebut. Saya sempat mendaftar sebuah account di facebook, namun tidak pernah saya permak karena saya memang tidak berminat dengan situs jejaring sosial. Sebelumnya saya pun menggunakan dua account friendster yang terdaftar pada tahun 2003. Namun, kedua account itu pun sudah jarang saya “jenguk” sejak awal pertengahan 2007 silam.
Demam Facebook (FB) sudah menjalar luas di masyarakat Indonesia ketika awal 2008. Sebelumnya, situs jejaring sosial yang paling top adalah Friendster (FS). Namun, pengguna FS cenderung adalah kaum remaja yang ketika menjadi dewasa akan enggan (malu) menggunakannya. Ketika FB muncul, maka orang dewasa migrasi dari FS. Namun akhir-akhir ini, tidak hanya orang dewasa saja yang menggunakan FB, namun anak-anak mulai merambah. Karena saya bukan “facebook mania”, saya tidak tahu mengapa orang tertarik ber-facebook-an.
Beberapa analisis yang dapat saya amati mengapa orang hijrah dari FS ke FB adalah :
•Kecepatan Akses FS jauh lebih lambat dibanding FB. Lambatnya membuka halaman per halaman, membuat orang yang hidup diserba cepat akan menjadi kesal jika untuk membuka profil dan membaca pesan/message harus menunggu lama. FB pun mulai mengalami masalah yang sama.
•Tampilan FS lebih “narsis”, sedangkan FB lebih simpel. Inilah mengapa orang dewasa sudah tidak sreg lagi menggunakan FS.
•Poin terpenting dari facebook adalah aplikasi real time system. FB tampaknya menggabungkan sistem FS dengan sistem real time untuk chatting. Penggabungan ini membuat nilai ++ yang menjadi FB tiada duanya untuk saat ini. Sambil FB-an, ketika ada message masuk, maka akan tampil notifikasi pesan tersebut.
•FB didesain lebih cerdas “software inteligence” dimana dapat mengrupkan kriteria-kriteria orang yang mengisi profil yang sama. Sehingga tanpa harus mencari-cari, sistem FB akan memberi informasi siapa saja teman lama, klien atau sejenisnya apabila kita memasukan informasi yang benar.
•Integrasi dengan blackberry, iphone.
•Ada lagi??


Fakta Kesuksesan Facebook dan Kegagalan Friendster (dan Yahoo juga)
Berdasarkan rangking situs teraktif di Indonesia versi Alexa.com yang saya himpun antara Januari 2009 dan Mei 2009, menunjukkan:
1. Facebook : #6 (Januari) menjadi #2 (Mei)
2. Yahoo : #2 (Januari) menjadi #3 (Mei)
3. Friendster : #3 (Januari) menjadi #6 (Mei)
Dari data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa selama kurun waktu kurang 1/2 tahun, FB telah memposisikan dirinya menjadi situs terbesar kedua setelah google di Indonesia. Friendster terdepak jatuh ke posisi lama Facebook. Dan menariknya adalah traffic Yahoo bahkan dapat dikalahkan oleh Facebook. Meskipun frekuensi pengguna email tetap bahkan meningkat, namun jumlah pengguna chatting yahoo tetap, namun sebaliknya pengguna FB meningkat pesat terutama fasilitas real timenya.
******
Selain fakta traffic, jumlah pengguna FB di seluruh dunia menang telak terhadap pengguna friendster. Terdapat lebih dari 200 juta pengguna aktif facebook diseluruh dunia. Angka ini jauh diatas pengguna FS yang hanya mencapai sekitar 90 juta pengguna. Padahal friendster memiliki usia 2 tahun lebih tua daripada facebook. FS dilaunching pada Maret 2002 sedangkan FB pada Februari 2004.
******
Sekilas Facebook
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Mark Zuckerberg adalah lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Dengan mempekerjakan hanya 700 orang, Facebook membukukan pendapatan sekitar 300 juta dolar atau 3 triliun rupiah per tahun. Pendapatan facebook jauh lebih besar daripada pendapatan FS yang berkisar sekitar 20-50 juta dollar atau hanya 1/10 dari pendapatan FB. FB dan FS sama-sama mendapat penghasilan melalui iklan yang dipasang pada layanan situs ini. Pendiri FB yakni Mark Zuckerberg merupakan jutawan muda terkaya dibidang internet yakni dengan kekayaan USD 700 miliar atau Rp 8.4 triliun pada tahun 2008. Beberapa pengguna facebook di Indonesia telah berhenti menggunakan Facebook lantaran Facebook dianggap mendukung aksi militer Israel ke Gaza 27 Desember 2008. Pendapatan Facebook pada tahun 2008 masih jauh dibawah pendapatan Yahoo yakni mencapai 7.2 miliar dollar dengan laba sekitar 4.1 miliar dolar.
Melalui facebook ini pula, muncul forum-forum yang pernah menghangat seperti Say No To Megawati yang sempat muncul di media massa. Selain itu, banyak thread dan forum facebook yang membahas suatu topik ataupun mendukung suatu gerakan tertentu. Semoga masyarakat kita dapat memannfaatkan FB dengan bijak. Semoga situs jejaringnya seperti FB ala Indonesia bermunculan dengan layanan yang sama sehingga meningkatkan penghasilan pengusaha lokal sekaligus meningkatkan prestise dan martabat dalam dunia teknologi dan informasi


This entry was posted on 23.51 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

4 komentar

numpang links yach,,,,,,,,,, links anda sudah kita pasang di http://bangbom.blogspot.com

Wahh.. Makasih Info nya kk ^_^

Makasih sudah berbagi informasi