Facebook, Friendster, or Yahoo..!!

Facebook bagi sebagian besar orang telah menjadi bagian dari kehidupannya. Namun, saya termasuk “pencilan” himpunan orang yang demam facebook tersebut. Saya sempat mendaftar sebuah account di facebook, namun tidak pernah saya permak karena saya memang tidak berminat dengan situs jejaring sosial. Sebelumnya saya pun menggunakan dua account friendster yang terdaftar pada tahun 2003. Namun, kedua account itu pun sudah jarang saya “jenguk” sejak awal pertengahan 2007 silam.
Demam Facebook (FB) sudah menjalar luas di masyarakat Indonesia ketika awal 2008. Sebelumnya, situs jejaring sosial yang paling top adalah Friendster (FS). Namun, pengguna FS cenderung adalah kaum remaja yang ketika menjadi dewasa akan enggan (malu) menggunakannya. Ketika FB muncul, maka orang dewasa migrasi dari FS. Namun akhir-akhir ini, tidak hanya orang dewasa saja yang menggunakan FB, namun anak-anak mulai merambah. Karena saya bukan “facebook mania”, saya tidak tahu mengapa orang tertarik ber-facebook-an.
Beberapa analisis yang dapat saya amati mengapa orang hijrah dari FS ke FB adalah :
•Kecepatan Akses FS jauh lebih lambat dibanding FB. Lambatnya membuka halaman per halaman, membuat orang yang hidup diserba cepat akan menjadi kesal jika untuk membuka profil dan membaca pesan/message harus menunggu lama. FB pun mulai mengalami masalah yang sama.
•Tampilan FS lebih “narsis”, sedangkan FB lebih simpel. Inilah mengapa orang dewasa sudah tidak sreg lagi menggunakan FS.
•Poin terpenting dari facebook adalah aplikasi real time system. FB tampaknya menggabungkan sistem FS dengan sistem real time untuk chatting. Penggabungan ini membuat nilai ++ yang menjadi FB tiada duanya untuk saat ini. Sambil FB-an, ketika ada message masuk, maka akan tampil notifikasi pesan tersebut.
•FB didesain lebih cerdas “software inteligence” dimana dapat mengrupkan kriteria-kriteria orang yang mengisi profil yang sama. Sehingga tanpa harus mencari-cari, sistem FB akan memberi informasi siapa saja teman lama, klien atau sejenisnya apabila kita memasukan informasi yang benar.
•Integrasi dengan blackberry, iphone.
•Ada lagi??


Fakta Kesuksesan Facebook dan Kegagalan Friendster (dan Yahoo juga)
Berdasarkan rangking situs teraktif di Indonesia versi Alexa.com yang saya himpun antara Januari 2009 dan Mei 2009, menunjukkan:
1. Facebook : #6 (Januari) menjadi #2 (Mei)
2. Yahoo : #2 (Januari) menjadi #3 (Mei)
3. Friendster : #3 (Januari) menjadi #6 (Mei)
Dari data diatas, maka dapat disimpulkan bahwa selama kurun waktu kurang 1/2 tahun, FB telah memposisikan dirinya menjadi situs terbesar kedua setelah google di Indonesia. Friendster terdepak jatuh ke posisi lama Facebook. Dan menariknya adalah traffic Yahoo bahkan dapat dikalahkan oleh Facebook. Meskipun frekuensi pengguna email tetap bahkan meningkat, namun jumlah pengguna chatting yahoo tetap, namun sebaliknya pengguna FB meningkat pesat terutama fasilitas real timenya.
******
Selain fakta traffic, jumlah pengguna FB di seluruh dunia menang telak terhadap pengguna friendster. Terdapat lebih dari 200 juta pengguna aktif facebook diseluruh dunia. Angka ini jauh diatas pengguna FS yang hanya mencapai sekitar 90 juta pengguna. Padahal friendster memiliki usia 2 tahun lebih tua daripada facebook. FS dilaunching pada Maret 2002 sedangkan FB pada Februari 2004.
******
Sekilas Facebook
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Mark Zuckerberg adalah lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Dengan mempekerjakan hanya 700 orang, Facebook membukukan pendapatan sekitar 300 juta dolar atau 3 triliun rupiah per tahun. Pendapatan facebook jauh lebih besar daripada pendapatan FS yang berkisar sekitar 20-50 juta dollar atau hanya 1/10 dari pendapatan FB. FB dan FS sama-sama mendapat penghasilan melalui iklan yang dipasang pada layanan situs ini. Pendiri FB yakni Mark Zuckerberg merupakan jutawan muda terkaya dibidang internet yakni dengan kekayaan USD 700 miliar atau Rp 8.4 triliun pada tahun 2008. Beberapa pengguna facebook di Indonesia telah berhenti menggunakan Facebook lantaran Facebook dianggap mendukung aksi militer Israel ke Gaza 27 Desember 2008. Pendapatan Facebook pada tahun 2008 masih jauh dibawah pendapatan Yahoo yakni mencapai 7.2 miliar dollar dengan laba sekitar 4.1 miliar dolar.
Melalui facebook ini pula, muncul forum-forum yang pernah menghangat seperti Say No To Megawati yang sempat muncul di media massa. Selain itu, banyak thread dan forum facebook yang membahas suatu topik ataupun mendukung suatu gerakan tertentu. Semoga masyarakat kita dapat memannfaatkan FB dengan bijak. Semoga situs jejaringnya seperti FB ala Indonesia bermunculan dengan layanan yang sama sehingga meningkatkan penghasilan pengusaha lokal sekaligus meningkatkan prestise dan martabat dalam dunia teknologi dan informasi


Read More......

Tidur seranjang dengan suami orang

Tidur Seranjang Dengan Suami Orang.....



Teman saya ini (katakanlah namanya Wati, 27tahun, bekerja pada suatu perusahaan konsultan yang tidak terlalu besar sebagai asisten dari salah seorang partner pada perusahaan konsultan tersebut (kita sebut saja namanya Andy).



Wati sangat mengagumi profil dan karakter Andy. Sebut saja semua hal yang baik, maka Andy memilikinya. Otak yang cemerlang, sikap yang profesional dan gentleman, penampilan yang selalu rapi dan nice looking serta usia baru 36 tahun (waktu itu).



Singkat cerita Wati mulai "naksir" Andy. Ternyata Wati membiarkan perasaannya kepada Andy tumbuh tanpa halangan. Semakin hari ia semakin jatuh hati kepada Andy. Andy bukannya tidak tahu akan hal itu tetapi sikapnya yang Professional di kantor yang tidak membiarkan hal-hal pribadi mencampuri urusan kantor membuat Wati semakin mengagumi pribadi Andy.



Suatu hari urusan kantor membuat mereka berdua harus pergi ke beberapa kota di Jawa Tengah. DL (dinas kota) nich ceritanya. Untuk memudahkan mobilisasi, mereka naik pesawat ke Semarang dan menyewa mobil untuk melakukan perjalanan darat di sekitar Semarang, Magelang, Yogya dan Solo dalam rangka melakukan suatu survei khusus untuk Kepentingan klien.



Entah bagaimana ceritanya mereka kemalaman dan menginap di sebuah hotel kecil. Sebenarnya Andy ingin memesan 2 kamar tetapi karena hanya tersisa 1 kamar ia meminta pendapat Wati. Karena memang sudah sangat lelah Wati setuju untuk sekamar dengan Andy (sebenarnya Wati agak "sedikit senang" dengan kondisi darurat tersebut).



Karena tidak ber-AC, maka Andy membuka jendela kamar. Masalah lainnya kamar tersbut hanya memiliki 1 ranjang Berukuran tanggung dan tidak memiliki kursi panjang. Tidak mungkin bagi Wati untuk meminta Andy tidur di lantai. Jadilah akhirnya mereka tidur Seranjang setelah Andy berjanji bahwa ia tidak akan melakukan hal yang tidak-tidak.



Sebenarnya Wati tidak bisa tidur karena seranjang dengan Andy. Sebagai seorang wanita jantungnya berdebar sangat kencang karena tidur serajang dengan pria sopan yang sangat dikaguminya. Kaki mereka beberapa kali saling bersentuhan karena ranjangnya memang pas-pasan.



Setelah setengah jam, angin malam yang masuk lewat jendela Membuat Wati merasa kedinginan sehingga ia memberanikan diri bertanya Kepada Andy: "Mas Andy, aku kedinginan nih. Boleh nggak minta tolong

Jendelanya ditutup saja?"



Andy tidak langsung menjawab dan Wati berpikir Andy sudah tertidur sehingga ia berkata lagi: "Mas Andy..."



Kali ini Andy langsung menjawab: "Wat, kamu kedinginan ya?

" MAUKAH KAMU MALAM INI KAMU BERTINDAK SEPERTI ISTERI SAYA?"



Jantung Wati serasa berhenti berdetak. Pikirannya langsung guncang mendengar pertanyaan Andy.

Dengan hati-hati ia bertanya:

"Maksud mas Andy?"

Maksud saya...., jendelanya kamu tutup sendiri ya ?!"



HEE..HEE..HEE. .. SERIUS AMAT BACANYA...




Read More......

Doa untuk seorang kekasih...

Allah Yang Maha Pemurah, terimakasih Engkau telah menciptakan dia dan mempertemukan saya dengannya. Terimakasih untuk saat-saat indah yang boleh kami nikmati bersama.Terimakasih untuk setiap pertemuan yang boleh kami lalui bersama.Terimakasih untuk setiap saat-saat yang lalu.Saya datang bersujud dihadapan-Mu,Sucikan hati saya yaa Allah, sehingga dapat melaksanakan kehendak dan rencana-Mu dalam hidup saya. Yaa Allah, jika saya bukan pemilik tulang rusuknya,janganlah biarkan saya merindukan kehadirannya.Janganlah biarkan saya melabuhkan hati saya di hatinya.Kikislah pesonanya dari pelupuk mata sayadan usirlah dia dari relung hati saya.

Gantilah damba kerinduan dan cinta yang bersemayam di dada ini dengan kasih dari dan pada-Mu yang tulus dan murni.Tolonglah saya agar dapat mengasihinya sebagai sahabat. Tetapi jika Kau ciptakan dia untuk saya, yaa Allah, tolong satukan hati kami.Bantulah saya untuk mencintai, mengerti dan menerima dia seutuhnya.Berikan saya kesabaran, ketekunan, dan kesungguhan untuk memenangkan hatinya.Urapilah dia agar dia juga mencintai, mengerti dan mau menerima saya dengan segala kelebihan dan kekurangan saya sebagaimana saya telah Kau ciptakan.Yakinkanlah dia bahwa saya sungguh-sungguh mencintai dan rela membagi suka dan duka saya dengan dia. Yaa Allah Maha Pengasih, dengarlah doa saya ini.Lepaskanlah saya dari keraguan ini menurut kasih dan kehendak-Mu. Allah Yang Maha Kekal, saya tahu Engkau senantiasa memberikan yang terbaik buat saya.Luka dan keraguan yang saya alami pasti ada hikmahnya.Pergumulan ini mengajar saya untuk hidup makin dekat pada-Mu, untuk lebih peka terhadap suara-Muyang membimbing saya menuju terang-Mu.Ajarlah saya untuk tetap setia dan sabar menanti tibanya waktu yang telah Engkau tentukan. Jadilah kehendak-Mu dan bukan kehendak saya yang jadi dalam setiap bagian hidup saya, yaa Allah.
amenin...




Read More......